Abidjan, Pantai Gading (ANTARA News/AFP) - Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Pantai Gading mengatakan pada Sabtu lebih dari 330 orang terbunuh di Duekoue di bagian barat negara itu. Kebanyakan di antara mereka dibunuh oleh pasukan tempur milik Presiden Alassane Ouattara yang dikenal secara internasional.

Guillaume N`Gefa dari divisi HAM dalam misi PBB di negara itu (UNOCI) mengatakan kepada AFP bahwa 330 tewas di dalam kota pada awal pekan ini, kebanyakan dari korban pasukan Ouattara tetapi lebih dari 100 dibunuh oleh tentara pro-Gbagbo.

"Sebanyak 330 orang telah tewas antara Senin dan Rabu... mayoritas dieksekusi oleh `dozos`," kata N`Gefa, menyinggung para pemburu tradisional dalam tentara Ouattara.

Namun, di antara mereka "lebih dari 100 orang yang terbunuh oleh tentara bayaran pro-Gbagbo sebelum kota itu diserbu" pada Selasa oleh pasukan Ouattara, kata N`Gefa.

Sebelum kota itu diambil alih, milisi dan tentara bayaranmenyerang warga dari utara, wilayah etnis Dioula yang mayoritas Muslim, serta warga dari barat Afrika, jelas N`Gefa.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Dan topik Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah tidak terkecuali. Jauhkan membaca untuk mendapatkan berita lebih segar tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah.

Palang Merah Internasional telah melaporkan pada Jumat bahwa sekurangnya 800 orang tewas dalam kejadian pada Selasa saja.

N`Gefa mengatakan kemungkinan angka yang dikeluarkan ONUCI akan meningkatkan saat tim tersebut masih menyelidiki di lokasi.(*)

(Uu.KR-IFB/M016)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com