Surabaya (ANTARA News) - Seksi "Civilian Military Coordination" (CIMIC) Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL (INDOBATT) menggelar program pengobatan massal di sekitar area operasi INDOBATT (10/4). Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Senin, melaporkan pengobatan massal berlangsung selama dua jam di kantor "municipality" (kantor pemerintahan desa) "Dier Siriene" (area Kompi Charlie).

"Perubahan cuaca dari musim dingin ke musim semi di Lebanon akhir-akhir ini berdampak kurang baik terhadap kesehatan, terutama anak-anak dan orang tua, karena itu Indobatt menginisiasi pengobatan massal di desa itu," katanya.

Acara itu terlaksana berkat koordinasi yang dilakukan Danki Charlie, Kapten Mar Budi W, dan Pasi CIMIC Lettu Mar Arismoko, dengan salah satu Mayor (kepala pemerintahan) desa binaan INDOBATT, yaitu Mayor Desa Dier Siriene, Wafik Kareem.

"Pelaksanaan pengobatan dipimpin oleh Lettu Kes dr Aziz dengan dibantu tiga perawat kesehatan dari rumah sakit markas Batalyon (Husada) dan dari Kompi Charlie," paparnya.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan membaca sedikit lebih, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

Mengutip Lettu Kes dr Aziz, ia menjelaskan pasien yang datang rata-rata adalah orang tua dan anak-anak dengan keluhan menderita sakit batuk, pilek disertai demam atau meriang (panas-dingin).

"Masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini dan banyak di antara mereka yang memanfaatkan pengobatan massal yang tidak dipungut biaya alias gratis tersebut," ujarnya.

Bahkan, katanya, Mayor Dier Siriene mengaku warganya sangat mendukung kegiatan itu karena sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam biaya ongkos pengobatan yang rata-rata mahal dan berharap pengobatan seperti ini tetap berlangsung di kemudian hari.

Acara sosial itu dihadiri Wadan INDOBATT Letkol Mar Harnoko (mewakili Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf. Hendy Antariksa), Kasi CIMIC Mayor Arh Sukma Yudha, Danki Charlie Kapten Mar Budi Wijani, dan Pasi CIMIC Kompi Charlie Lettu Mar Arismoko.
(E011/C004)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com