AsiaNet 42782

- Ujicoba Yakult di Loughborough University, Inggris -

     TOKYO, 7 Januari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Hasil-hasil ujicoba baru-baru ini yang dilakukan oleh Profesor Michael Gleeson dari Loughborough University, Inggris, memperlihatkan manfaat kesehatan yang nyata bagi para atlit yang minum susu fermentasi yang tersedia di pasaran, Yakult, yang mengandung probiotik unik strain LcS. Atlit ini adalah staf dan mahasiswa universitas tersebut yang dilibatkan dalam latihan olahraga intensif, seperti bersepeda, triathlon, lari jarak menengah-jauh atau berenang.

     Hasil-hasilnya memastikan bahwa minum Yakult setiap hari efektif mengurangi terjadinya penyakit flu (misalnya infeksi saluran pernafasan atas, atau URTIs) pada atlit-atlit ini. Dalam penelitian sebelumnya, telah diperlihatkan bahwa sebagai suatu kelompok, atlit rentan terhadap infeksi karena menurunnya sistem kekebalan mereka.

     Penelitian ini dijelaskan sepenuhnya dan dimuat online dalam publikasi ilmiah yang dinilai oleh sejawat, International Journal of Sport Nutrition & Exercise Metabolism.

     [Makalah]
     Ujicoba yang hasil-hasilnya tidak diketahui baik oleh peneliti maupun yang diteliti dilakukan pada 84 atlit. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok: 42 menerima Yakult (6,5 x 10 (9) = menaikkan 10 pangkat sembilan = sel-sel hidup strain probiotik LcS dalam masing-masing botol) dan 42 menerima plasebo. Setelah subyek mengkonsumsi minuman yang diberikan dua kali sehari selama 16 pekan, efek meminum pada URTIs dan parameter kekebalan diperiksa.

     Ringkasan hasil-hasilnya sebagai berikut:

     1. Terjadinya URTI (umumnya dikenal sebagai penyakit flu)
     Perbandingan subyek dari kelompok Yakult yang mengalami gejala URTI selama satu pekan atau lebih berjumlah 66%, yang jauh lebih rendah daripada perbandingan dari kelompok plasebo (90%).

     2. Efek pada parameter kekebalan
     Konsentrasi IgA air liur (1), yang dapat diturunkan dengan olahraga keras yang lebih lama, lebih tinggi dalam kelompok Yakult daripada dalam kelompok plasebo.

     3. Diskusi
     Berdasarkan temuan-temuan ini, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi harian minuman susu fermentasi yang mengandung LcS menurunkan terjadinya URTIs pada atlit yang berolahraga keras lebih lama. Jumlah antibodi sIgA dijaga dalam kondisi optimal, yang dapat dipertimbangkan sebagai salah satu faktor efek tersebut.

     * Minuman plasebo tidak mengandung LcS. Rasa dan warna baik minuman plasebo maupun Yakult serupa. Dengan membandingkan efek asupan masing-masing minuman, kemanjuran Yakult dapat diukur secara ilmiah.

     (1) sIgA adalah antibodi yang terdapat dalam air liur dan lendir jalan nafas, dan berperan penting untuk mencegah infeksi virus.

     [Komentar dari Prof. Michael Gleeson dari Loughborough University]
     Prof. Michael Gleeson (dari Exercise Biochemistry in the School of Sport, Exercise and Health Sciences), yang memimpin penelitian itu di Loughborough University, berkomentar: "Terdapat relatif sedikit bukti untuk efektivitas apa yang disebut imunostimulan diet dalam populasi atletik tapi studi ini menunjukkan bahwa produk probiotik dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Olahragawan membenci pemikiran tertular flu karena penyakit ringan bahkan dapat mengganggu latihan dan kinerja atau bahkan mencegah mereka berkompetisi."

The information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia presented here will do one of two things: either it will reinforce what you know about mobil keluarga ideal terbaik indonesia or it will teach you something new. Both are good outcomes.

     [Komentar dari Dr. Haruji Sawada, Ph.D., direktur Yakult Central Institute for Microbiological Research (YCIMR)]
     Yakult Honsha Co., Ltd. berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai sponsor dengan menyediakan pendanaan dan sampel uji.
     Dr. Haruji Sawada dari YCIMR berkomentar: "Ini merupakan hasil berharga bahwa konsumsi harian produk kami, Yakult, terbukti memberi kontribusi terhadap pemeliharaan kondisi baik pada saluran pernapasan atas pada olahragawan yang
sehat. Penelitian ini menghasilkan data penting yang merupakan bukti lebih lanjut manfaat kekebalan yang terkait dengan minum Yakult."

     SUMBER: Yakult Honsha Co., Ltd.

     Kontak:
     [Pertanyaan mengenai penelitian ini]
     Hannah Baldwin
     Head of Public Relations
     Marketing and Communications
     Loughborough University
     www.lboro.ac.uk
     H.Baldwin@lboro.ac.uk
     Tel: +44-1509-222239
     Fax: +44-7971-163522

     [Pertanyaan mengenai Yakult]
     Isamu Sasaoka
     PR Department
     Yakult Honsha Co., Ltd.
     Tel: +81-3-3574-8920 (bahasa Jepang)
     E-mail: strain-shirota@yakult.co.jp (bahasa Jepang dan Inggris)

     Takuro Mori, Gary Lo
     Sales Dept
     HONG KONG YAKULT CO., LTD.
     Tel: +852-2342-7111
     E-mail: t.mori@yakult.com.hk

     Kazunari Maruhashi
     Sales Dept.
     Yakult (Thailand) Co., Ltd.
     Tel: +66-2-619-8008
     E-mail: info@yakult.co.th

     Juvy Ann N. Aquino
     Marketing & Promotion Section
     YAKULT PHILIPPINES, INC.
     Tel: +63-2-521-1722
     E-mail: aquino_juvy@yahoo.com

     Kuek Kok Ti
     PR & Advertising Dept.
     YAKULT (SINGAPORE) PTE., LTD.
     Tel: +65-6756-1033
     E-mail: yakult@pacific.net.sg

     Dinah Woon
     PR Dept.
     YAKULT AUSTRALIA PTY. LTD.
     Tel: +61-3-9238-4700
     E-mail: dwoon@yakult.com.au

     Mazlyn Mena binti Mustapha
     PR & Science Dept.
     YAKULT (MALAYSIA) SDN. BHD.
     Tel: +60-3-5569-8960
     E-mail: customerservice@yakult.com.my

     Shefali Sapra
     Corporate Communications
     YAKULT DANONE INDIA PRIVATE LIMTED
     Tel: +91-11-4062-6262
     E-mail: shefali.sapra@yakult.co.in

     Yasumi Kimura
     R&D Dept.
     YAKULT S/A IND. E. COM.
     Tel: +55-11-5584-4700
     E-mail: yasumi.kimura@yakult.com.br

     Liu Zhifeng
     PR Dept.
     Yakult (China) Corporation
     Tel: +86-21-50108358, ext.131
     E-mail: zhifeng-liu@yakult.com.cn

     Chen Baiduan
     PR Dept.
     YAKULT CO., LTD.
     Tel: +886-2-2505-4325
     E-mail: pojui.chen@yakult.com.tw